Friday, July 25, 2008

oh, beda sekali yaaa...

hari ini hari ke-5 saya kepaniteraan klinik radiologi di RSUP Fatmawati (yang deket citoz itu loh)... dimana sebelumnya saya di RSUD Koja bagian bedah. Dan hari ini saya menyadari satu hal... Beda banget yah, antara waktu di koja dan sekarang di fatmawati. Nih saya buat list-nya :
.
.
1. Pagi
.
Di koja : dateng dengan tanpa make up, baju seadanya, kemeja lecek pun i don't care, yang penting sampe koja. Dan yang penting isi otak, kalo ga mau hari itu dimaki-maki dokter konsulen di acara visite bangsal harian. Nggak peduli ngantuk dan jilbab miring-miring, langsung cari Maggie atau Ayu (partner satu stase saya), tanya pasien ada berapa dan segera dijawab dengan jawaban semacam : "pasien ada delapan belasss, bagi2 aja, terserah deh lo mau yang mana, ambil." Follow up pun dimulai, tulis status dengan lengkap, jangan lupa : harus menguasai pasien masing2. Siap-siap laporan jaga malam ke konsulen yang visite pagi-pagi, kuasai pasien yang tadi malem ada di IGD, kalo pas abis jaga malam. Trus nunggu konsulen visite, atau the worst part : bedside teaching, 2 jenis ajang dimana harus bisa jawab pertanyaan konsulen, kalo ga bisa gapapa sih, asal tahan dibentak dan diteriakin kata2 semacam "goblok, tolol, brengsek, kurang ajar, punya otak nggak sih, dll" plus tatapan menusuk.
Oh iya, siapkan tenaga buat lari yah, soalnya pernah terdengar teriakan konsulen : "CEPAAAAAAAAAATTTTTTTTTTT!!!!!!!!!!!!!!!!!". Setelah itu ke stase masing2, dimana kadang ada orang2 yang menyebalkan :)
.
Di fatmawati : dateng dengan sempat pake pelembab, foundation, blush on, eye shadow, bedak, lip gloss, fresh from the oven! Baju rapi dan wangi. Masuk gedung RS dengan bernyanyi-nyanyi kecil... syalalalala... dateng2 ucapkan selamat pagi pada semua teman, duduk manis, yah kalo lagi rajin liat2 foto2 rontgen, kalo nggak juga nggak masalah. Santai... Setelah itu, pergi ke stase masing2, orang2nya pun ramah-ramah serta bersahabat. Senyum dimana-mana... :)
.
.
2. Siang
.
Di koja : Masih di stase masing2 lah... masih kerja. Jam kerjanya sebenernya sampe jam 3, tapi nggak tentu juga, intinya sampe pasien habis. tergantung lagi stase apa sih ya, kalo lagi stase poliklinik dan kebetulan lagi hari-nya konsulen yang menyeramkan, berdoa saja supaya mood beliau lagi bagus, jadi kalaupun kita jadi asisten tindakan bedah minor, kita nggak dibentak-bentak untuk kesalahan yang sangat amat keciiiiillllllllllll sekali. Oh kalo lagi stase bangsal sih makan siang bisa lumayan bebas. Apalagi kalo bawa bekal. Kalo stase IGD sama OK, yah pinter2 aja bagi waktunya...
.
di fatmawati : makan siang... trus kembali ke instalasi radiologi, pilihannya cuma 2 :ada bimbingan, atau nunggu jam 2... waktunya pulang.
.
.
3. Sore
.
di koja : cari info ada presentasi case/ bimbingan atau enggak... kalo ada, cari tau materinya apa, trus pelajari biar bisa kalo ditanya. Kalo enggak, tunggu jam 3, pulang. Kalo yang jaga malam ya nggak pulang, lanjut sampe pagi besoknya, trus sampe sore lagi deh. Oh iya, kalo lagi jaga malam di IGD RSUD Koja a.k.a Trauma Center, ayo berdoa supaya lalu lintas sedang aman dan nyaman, supaya nggak banyak pasien kecelakaan lalu lintas... berhubung daerah koja penuh dengan kontainer berseliweran yang kadang-kadang iseng nyenggol kendaraan sekitarnya.
.i
di fatmawati : udah pulang sebelum sore... :p
.atma
.
Beda ya, radiologi sama bedah. Mungkin karena dokter2 bedah stressor-nya juga lebih tinggi yah...
Oiya di fatmawati juga ada si koko loh, tapi koko di bagian bedah-nya, jadi lebih sibuk daripada saya... hyehehe... (ayo koko, 4 minggu lagi selesaaaiii! ^^)
hm... tapi diam2 saya bersyukur juga sih dapet bedah di koja. They're such a really good counselor! God knows what's best for us :)
.

8 comments:

Loverock_MD said...

hihihihihihi...


cici maap ya kalo ketemu koko di fatma koko kurang "hangat" dari biasanya...



:-D

iCa said...

kalo ga bisa gapapa sih, asal tahan dibentak dan diteriakin

Oooow.... o_0

kalo lagi jaga malam di IGD RSUD Koja a.k.a Trauma Center, ayo berdoa

.. hihihi.. smnjk se IGD sama teddy, gue jadi suka ikut2an ngga ngomong "jorok", pol.. trus kalo ada yg ngomong jorok, ngikut juga ngetok2 meja kaya' yg teddy ajarkan selama di IGD.. (loh ko' diajarinnya bgituan yaahh.. ?? Hehehe)

ifa said...

koko --> nanti saya nyalain lilin yang banyak biar anget... =D

chabe ---> hahahahahhh... ngetok2 meja koas adalah hal yg wajib setelah keceplosan ngomong jorok : "eh tumben ya, IGD malem ini sepi... TOK TOK TOK"

Mama Shahira dan Syafiq said...

Wah.. di koja kok tante Ifa kaya under presure gitu yaa... pasti gak nyaman banget deh..Sukses ya tante..

ifa said...

mama shasa ---> ah ga juga sih, tp udah berakhir kok tante... =D

Enno said...

"cici maap ya kalo ketemu koko di fatma koko kurang "hangat" dari biasanya..."

ijal, ijal... kompor kalee... hahaha :D

btw fa, kayaknya suasana di Koja itu justru lebih baik dari sudut keilmuan dan pembelajaran ya kan...

hehehe sotoy ah! jurnalis tau apa seeh! *kabur*

kertaslecek said...

salam kenal aja deh

ifa said...

mbak enno ---> hahahaha... iya sih disana kita lebih banyak belajarnya... kalo di radiologi fatmawati lebih banyak makannya :p

kertaslecek ---> salam kenal juga =D