Saturday, May 3, 2008

Today's morning dyspepsia


I have functional dyspepsia caused by chronic gastritis. Dispepsia fungsional itu adalah kumpulan gejala (sindrom) yang terdiri dari nyeri atau tidak nyaman di epigastrium, mual, muntah, kembung, cepat kenyang, rasa perut penuh, sendawa, regurgitasi dan rasa panas yang menjalar di dada. Yah pokoknya gitu deh. But unfortunately dispepsia saya bermanifestasi di nyeri di sekitar leher dan bahu. Nyerinya seperti ditarik-tarik, rasanya tegang dan kaku gitu. Kata pak dokter sih itu gejala dari lambung saya yang nggak beres. Gimana mekanismenya saya nggak tau dan lagi males mikir karena sekarang lagi kambuh bangun tidur ini, tapi aneh juga ya kenapa jadi sakit di sekitar leher dan bahu?
.
Padahal kemarin saya nggak melakukan aktivitas atau makan makanan yang kemungkinan bisa memicu timbul gejala ini. Apa ya?
.
Pagi : kuliah terakhir pandas THT, saya nggak terlalu berpikir keras waktu itu, malah karena duduk di belakang saya sempat main game waktu kuliah berlangsung. Sekitar jam 10 saya makan bakso, pake sambel sih, tapi nggak pedes2 banget.
.
Siang : pulang sekitar jam 12, mampir plaza semanggi beli es krim swirl choco chip yang enak banget, trus ke gramedia janjian sama koko, trus ngobrol di dunkin donuts. Tapi saya nggak minum kopi, latte atau sejenisnya, saya cuma minum green tea aja plus makan secuil donatnya koko. Oh emang sih ada sedikit perang saudara diantara saya dan koko, tapi biasalah namanya juga anak muda, nggak seru kalo nggak main perang2an. Tapi itu cuma sebentar dan nggak mungkin bisa mencetuskan kekambuhan dispepsia saya...
.
Malam : pergi nemenin sahabat saya ke resepsi pernikahan saudaranya di bidakara, yang entah kenapa jajaran pager bagus-nya cakep2 (tapi cakepan koko koq :p) Saya nggak makan yang aneh-aneh. Abis itu pulang, sampe rumah kira2 jam setengah 11an, koko telpon, ngobrol sebentar, trus saya tertidur setelah lumayan lama senyum-senyum bayangin koko jadi pager bagus pake beskap+blangkon+keris yang diselipin di pinggang belakang... Hehehehehehehe... ^o^
.
Nah, nggak ada yang aneh kan?
Tapi kenapa sekarang leher dan bahu saya sakit?
.
Hm...

8 comments:

iCa said...

Mungkin salah tidur pol, atau, lagi PMS.. Mungkin...

Loverock_MD said...

"(tapi cakepan koko koq :p)"

aih... aih... jadi geer.. :-D


yang pasti:
- bukan salah tidur, bhe
- bukan pms, efek dari pms itu emosi jiwa raga tinggi

dari pikiran kali ci.. mikirin sesuatu..

udah lah.. kalo kangen ga usah dipendam, bilang aja..

ifa said...

chabe --> sakit bahu n leher ini berkelanjutan be, bukan cuma pas PMS doang... hiks...

koko --> "efek dari pms itu emosi jiwaraga tinggi" --> cieee yang suka jadi korban pms... =D

Enno said...

ifa, masih sakit kah? cepet sembuh yaaa.. :D

iCa said...

Waduh, pol, pet sembuh, yah.. Udah check baby check??

@ ijal: Jadi korban, apa jangan2 suka ngalamin juga.. Huehehehe..
Soalnya kalo gue gitu, perut kembung, badan kaya' yg habis dilindes truk.. Trus salah tidur, krn sebelum tidur senyum2, bukannya doa.. hehehe.. Just Kidding! :p

ifa said...

mbak enno ---> yah gitu deh mbak, mana skrg lg agak stres mikirin mau koas di negeri antah berantah,,, huhuhu...

chabe ---> ntar senyum2 lagi aaah... hyehehe... :p
chabe... SALAM KOJA!

Enno said...

ifa, shoutbox kemana sih? masih stres? dibawa fun aja dong ya :)

Anonymous said...

Semoga.....anu, eh...anu...itu lho... eh ....apa ya... itu lho..., ah, apa ya....eh...anu... ah susah ngomong ah...