Friday, April 4, 2008

1st week : report

Akhirnya...
Hari senin kemarin mulai juga saya "main" di RS... yang biasanya bergaul sama buku-kertas-pensil, sekarang bergaul sama pasien beneran... Biasanya berangkat dari rumah jam 6 kurang, sekarang mesti berangkat jam 5 lewat dikit... :p
Pertama kali ini saya dapet tempat di RSAL Mintohardjo, yang di daerah benhil itu lho. Disana banyak tentara euy... *ya iyalah, namanya juga rumah sakit angkatan laut*
.
Nih, diceritain ya...
.
.
Hari pertama
Janjian jam 6 pagi sama temen2 sekelompok yang jumlahnya 15 orang itu. Setelah semuanya kumpul, kita mesti ikut pengarahan. Yang ngasih pengarahan itu bapak2 dengan pangkat mayor. Namanya siapa ya? mayor Anwar kalo nggak salah. Hari pertama cuma keliling nyari dokter2 pembimbing, minta waktu mereka untuk ngasih bimbingan, gitu2 aja sih. Tapi tetep pulang sore, kirain hari pertama cuma orientasi trus pulang cepet :p
.
Hari kedua
Di RSAL itu setiap selasa dan jumat ada senam pagi, dan kita mesti ikut paling enggak minggu pertama aja deh, ikut senam. Selebihnya ya berurusan sama dokter2 pembimbing, trus dapet pasien deh...
.
Hari ketiga
Mulai periksa pasien rawat inap di bangsal dan mesti bikin status lengkap. Diulangi ya, STATUS LENGKAP. L-E-N-G-K-A-P. Hari itu saya cukup tenang2 saja karena pasien saya cukup kooperatif, meskipun ada pemeriksaan yang belum saya lakukan, saya memilih untuk periksa ulang besok paginya. Beberapa teman saya ada yang bingung bin pusing karena pasien mereka ada yang pulang, ada yang tiba2 masuk ICU, pasiennya nggak mau diperiksa, dll.
.
Hari keempat
Hari apa ya itu? Kamis... hari yang buruk, karena pasien saya yang kemarin baik2 saja dan bisa diajak bicara, hari Kamis pagi waktu saya visit itu beliau dalam keadaan somnolen dan sulit bicara. Tampak sangat lemah, karena malam sebelumnya beliau nggak tidur karena buang air besar berdarah. Pertama kali datang disertai dengan muntah darah juga, tapi hari itu sudah nggak lagi sih. Padahal saya belum selesai melengkapi pemeriksaan, dan statusnya harus segera diserahkan ke dokter pembimbing. Aaaarrrrggghhh. Yah namanya juga baru pertama kali berurusan langsung sama pasien, masih suka nggak enakan, masih suka kasian gitu. Nggak tega mau meriksa, akhirnya malah dengerin curhatan keluarga pasien yang nunggu.
.
Hari kelima
Nah hari terakhir masuk di minggu ini, menyenangkan :) semuanya baik2 saja, dan saya dapet pasien baru. Kali ini masih muda, 30 tahun, jadi meriksanya gampang dan cepat, status lengkap pun selesai dalam sekejap saja. Jadi hari Senin bisa ongkang2 kaki nih, berhubung masih dapet stase di bagian yang sama... hehehe...
.
Begitulah cerita minggu ini, cheers :)

3 comments:

iCa said...

Ah.. sedikit tidak mengerti.. Masih bingung & berharap dpt pasien yg kooperatif...

Loverock_MD said...

ayooo kitaa senaaammmm... :-P

Melissa said...

ciayooo 3 minggu lagi!