Monday, February 18, 2008

Abimanyu




hyehehe, tiba-tiba saya inget pembicaraan saya dengan salah deorang sepupu saya, sebut saja namanya "D". Si "D" ini waktu itu menginap di rumah saya. Nah seperti biasa, kalau dia menginap di rumah saya, sebelum tidur pasti diisi dengan aktivitas ngobrol, gosip, dan rumpi.


Nah tiba-tiba dia nanyabegini :



"de' ifa kalo punya anak mau dinamain abimanyu ya???" *dia nanya dengan semangat dan tatapan menyelidik*
.
saya balik nanya,
.
"kok tau???" *dengan nggak kalah menyelidik, karena heran aja, koq dia nanya begitu*
.
dan ternyata dia (kalo nggak salah) dikasihtau sama temen deketnya yang baca bulletin board saya di friendster, biasalah ngisi2 bulletin board nggak penting, dan itu juga saya udah lupa kalo pernah ngisi begituan :))
.
maka berlanjutlah percakapan itu,
.
saya : iya, emang aku pernah nulis di bulletin board friendster, iseng doang...

"D" : oh mau dikasih nama abimanyu ya?

saya : iya

"D" : "IH! KOK SAMA??? yah masa sama sih? aku juga kalo punya anak mau dinamain abimanyu!

*untuk sesaat saya berpikir, kenapa ya koq bisa sama? trus kenapa juga dibahas, itu juga kan belom tentu, beberapa tahun lagi juga mungkin saya udah lupa gitu loh*
.
saya : yah gapapa kalo sama juga, biar kembaran

"D" : de' ifa nama lengkapnya abimanyu siapa?

*ampun deh masih dibahas, sampe nama lengkap juga dipikirin*

saya : abimanyu ksatria radjasa

"D" : wah, keren!

saya : iya dong

"D" : kalo aku siapa yaaa? mmm... mmm...

...kalo nggak salah dia masih melanjutkan berpikir sebentar gitu deh.


sampai akhirnya kita jadi membahas "abimanyu itu sebenarnya siapa sih?" oh ternyata dan ternyata, abimanyu itu anaknya arjuna., bukan anak dari srikandi, tapi dari subadra... Saya baru tau, hehehe...




nih cerita singkatnya...



Abimanyu (Sanskerta, abhiman'yu) adalah putera Arjuna dari salah satu istrinya yang bernama Subadra.
Abimanyu terdiri dari dua kata
Sanskerta, yaitu abhi (berani) dan man'yu (tabiat). Dalam bahasa Sansekerta, kata Abhiman'yu secara harfiah berarti "ia yang memiliki sifat tak kenal takut" atau "yang bersifat kepahlawanan".

Saat belum lahir karena berada dalam rahim ibunya, Abimanyu mempelajari pengetahuan tentang memasuki formasi mematikan yang sulit ditembus bernama
Chakrawyuha dari Arjuna. Mahabharata menjelaskan bahwa dari dalam rahim, ia menguping pembicaraan Kresna yang sedang membahas hal tersebut dengan ibunya, Subadra. Kresna berbicara mengenai cara memasuki Chakrawyuha dan kemudian Subadra (ibu Abimanyu) tertidur maka sang bayi tidak memiliki kesempatan untuk tahu bagaimana cara meloloskan diri dari formasi itu.

Abimanyu menghabiskan masa kecilnya di
Dwaraka, kota tempat tinggal ibunya. Ia dilatih oleh ayahnya yang bernama Arjuna yang merupakan seorang ksatria besar dan diasuh di bawah bimbingan Kresna. Ayahnya menikahkan Abimanyu dengan Uttara, puteri Raja Wirata, untuk mempererat hubungan antara Pandawa dengan keluarga Raja Wirata, saat pertempuran Bharatayuddha yang akan datang. Pandawa menyamar untuk menuntaskan masa pembuangannnya tanpa diketahui di kerajaan Raja Wirata, yaitu Matsya.

Sebagai cucu Dewa
Indra, Dewa senjata ajaib sekaligus Dewa peperangan, Abimanyu merupakan ksatria yang gagah berani dan ganas. Karena dianggap setara dengan kemampuan ayahnya, Abimanyu mampu melawan ksatria-ksatria besar seperti Drona, Karna, Duryodana dan Dursasana. Ia dipuji karena keberaniannya dan memiliki rasa setia yang tinggi terhadap ayahnya, pamannya, dan segala keinginan mereka.

Dalam khazanah pewayangan Jawa, Abimanyu, sebagai putra
Arjuna, merupakan tokoh penting. Di bawah ini dipaparkan ciri khas tokoh ini dalam budaya Jawa yang sudah berkembang lain daripada tokoh yang sama di India.

Dikisahkan Abimanyu karena kuat tapanya mendapatkan Wahyu Makutha Raja, wahyu yang menyatakan bahwa keturunannyalah yang akan menjadi penerus tahta Para Raja
Hastina. Abimanyu dikenal pula dengan nama Angkawijaya, Jaya Murcita, Jaka Pangalasan, Partasuta, Kirityatmaja, Sumbadraatmaja, Wanudara dan Wirabatana. Ia merupakan putra Arjuna, salah satu dari lima ksatria Pandawa dengan Dewi Subadra, putri Prabu Basudewa, Raja Mandura dengan Dewi Dewaki. Ia mempunyai 13 orang saudara lain ibu, yaitu: Sumitra, Bratalaras, Bambang Irawan, Kumaladewa, Kumalasakti, Wisanggeni, Wilungangga, Endang Pregiwa, Endang Pregiwati, Prabakusuma, Wijanarka, Anantadewa dan Bambang Sumbada. Abimanyu merupakan makhluk kekasih Dewata. Sejak dalam kandungan ia telah mendapat "Wahyu Hidayat", yang mamp membuatnya mengerti dalam segala hal. Setelah dewasa ia mendapat "Wahyu Cakraningrat", suatu wahyu yang dapat menurunkan raja-raja besar.

Abimanyu mempunyai sifat dan watak yang halus, baik tingkah lakunya, ucapannya terang, hatinya keras, besar tanggung jawabnya dan pemberani. Dalam olah keprajuritan ia mendapat ajaran dari ayahnya, Arjuna. Sedang dalam olah ilmu kebathinan mendapat ajaran dari kakeknya,
Bagawan Abiyasa. Abimanyu tinggal di kesatrian Palangkawati, setelah dapat mengalahkan Prabu Jayamurcita. Ia mempunyai dua orang istri, yaitu:
Dewi Siti Sundari, puteri Prabu
Kresna, Raja Negara Dwarawati dengan Dewi Pratiwi;
Dewi
Utari, puteri Prabu Matsyapati dengan Dewi Ni Yutisnawati, dari negara Wirata, dan berputera Parikesit.
---sumber : wikipedia---
.
begitulah ceritanya,
hehehe...
.
cheers :)
.
p.s : buat "D" --> maap2 ni yak, obrolan kita ditulis disinih, hyahaha =





7 comments:

Loverock_MD said...

usuuuulllll...

depannya pake "muhammad"...

=)

DESITA said...

mine is sarah. gapapa kan???

ifa said...

koko ---> boleh, boleh... namanya jadi panjang tu... =D



desita ---> gapapa deh mpok... tapi jadikan dia anak yang baik dan tidak reseh lho yaaa, hyahahaha =D

Abimanyu said...

emang bagus kok nama itu..
hiekekeke3.. soalnya kakek saya yang dalang namain saya itu si.. kakek saya yang satunya, ngasih nama Aribawa.. he3 nama lain abimanyu juga..
padahal jaman dulu kan lum ada tehnologi sms, telp, email.. kok mereka bisa sepakat ya?? padahal terpisah ratusan Kilometer..

ifa said...

namanya bagus banget... i really fallin'love with the name!
hehe... posting-an abimanyu dikomen oleh abimanyu... =D
aribawa itu abimanyu versi apa ya?

Abimanyu said...

aribawa tu ya nama laennya abimanyu.. seperti janaka=arjuna, tetuko=gatotkaca, werkudara=bima,
nama laennya abimanyu tu = Angkawijaya. Bimamanyu. Banjaransari. Partasuta. Sumbadraja. Aribawa. Pamulatsih. Jayamurcita. WanudaraJaka. Arjunatanaya. Kiritiatmaja. Pengalasan. he3.. jadi nama saya ada banyak.. terserah mau dipanggil apa.. tapi paling terkenal ya Abi dari abimanyu.. lha yang di akte kelahiran kayak gitu si...

ifa said...

ooo ternyata nama2nya banyak ya, hehehe... baru tau niy, tapi yang paling keren itu namanya yg 'abimanyu', :p