Monday, January 28, 2008

history taking : our first topic



Hari ini adalah hari pertama saya mengikuti program kepaniteraan dasar yang diadakan oleh kampus saya. Ini adalah program pembekalan sebelum para mahasiswa mengikuti program studi profesi dokter (PSPD), atau menjadi seorang ko-asisten di rumah sakit pendidikan.

Untuk hari pertama, topik yang diajarkan hanya seputar anamnesis. Dan seperti biasa, saya mendengarkan sambil mengantuk. Dosen saya menjelaskan panjang lebar, mungkin hanya sekitar 70% materi yang berhasil masuk ke otak saya. Sisanya hilang lenyap entah kemana. Tapi ada perkataan dari beliau yang sampai sekarang saya masih teringat-ingat. Sebelum menerangkan materi hari ini, beliau berkata "Anda akan dididik untuk tidak boleh lupa, tidak boleh bodoh, dan tidak boleh melakukan kesalahan. Anda membutuhkan perfeksionisme. Sempurna. Karena itulah yang pasien harapkan dari anda."

Hm... jujur saja, saya terkesima dan merinding seketika waktu beliau berkata demikian. Dan ada satu lagi kalimat dari beliau yang mungkin nanti akan saya tulis besar-besar di sehelai kertas dan saya pasang di kamar saya : "Tidak ada dokter bodoh yang dicari orang"

Saya pikir itu akan memotivasi saya, yang akhir-akhir ini sangat malas dan agak patah semangat untuk meneruskan perjalanan menuju profesi dokter...

4 comments:

Loverock_MD said...

ho oh...

sang dokter memang pandai memotivasi.. tp pandai juga bikin down sebelum ujian... (T_T)

iCa said...

Beliau bilang begitu, soal'e IPKnya 4, pols.. ~minderrrr~

Anonymous said...

tetap semangaaaaaaaaaattttttt!!!!!!!

imoet_d1 said...

huweeee....jadi tambah takut nih.... ;(