Sunday, January 27, 2008

forgotten education...



Ini adalah foto seorang anak yang berumur kira2 11 tahun, wajah tidak saya perlihatkan untuk menjaga nama baik, hehehe :p Anak ini mengenakan busana model kemben terusan sebatas lutut. Yah walaupun (katanya) anak ini sudah duduk di kelas 6 SD, tetap saja di mata saya dia adalah anak-anak. Waktu saya perhatikan anak ini, saya jadi ingat perkataan seseorang pada saya, "nanti kalo kamu punya anak jangan dipakein baju-baju seksi ya". Yang mana waktu itu saya jawab dengan cepat "iya laaahhh..."

sebelumnya saya minta maaf dulu ya, karena sebenarnya sih saya agak-agak sok tahu ya nulis seperti ini, berhubung saya belum pernah punya anak. Jadi jangan tersinggung bila ada yang tersinggung dengan tulisan saya :) Yah, ini hanya pemikiran saya saja koq. Tapi saya memang dari dulu sudah berniat untuk mengajarkan cara berpakaian yang sopan pada anak saya kelak, bahkan mungkin sejak masih kecil sekali. Mungkin saya tidak memakaikan dia baju yang benar-benar tidak berlengan sama sekali, paling tidak ada lah yang menutup lengannya walaupun sedikiiit sekali, seperti ini misalnya :



Entah kenapa saya bisa punya pikiran seperti ini, mungkin karena saya pernah mendengar cerita dari tante saya. Tante saya bercerita tentang salah seorang teman anaknya yang bersekolah di sebuah TK Islam di daerah Bekasi. Pada suatu hari anak ini memakai baju tanpa lengan, kebetulan hari itu murid-murid TK memang diperbolehkan untuk memakai baju bebas ke sekolah. Nah, ketika ibu guru melihat pakaian anak ini, ibu guru berkata "nak, besok lagi kalau pakai baju nggak usah yang seperti ini ya, tuh liat, jadi keliatan kan... :) bilang sama mama ya..." Waktu itu saya begitu terkesan denagn ibu guru itu (atau memang TKnya yang menghimbau semua guru-gurunya untuk mengajarkan hal seperti itu ya?). I'm so inspired... :) dan sekaligus juga saya jadi sadar bahwa (mungkin ya, maklumlah belum berpengalaman) jenjang pendidikan awal seperti pre-school dan TK itu sangat amat penting untuk diperhatikan, konsep seperti apa yang ditawarkan dan model edukasi seperti apa yang mereka terapkan. Jadi mungkin bukan sekedar taman bermain, tapi juga untuk menanamkan hal-hal seperti yang saya bicarakan tadi, yang mana terkadang hal-hal itu semakin terlupakan...

1 comment:

Loverock_MD said...

ituuu kata2 kokooooooooooooo.....=p