Friday, October 31, 2008

cerita jaga malam


tadi malam saya dapet giliran jaga malam di RS. Dan itu adalah jaga malam ter-aneh yang pernah saya jalani, karena apa coba? Tidak lain dan tidak bukan adalah karena saya tidur jam 8 malam. Parah ya. Kalau kata ibu saya "itu sih bukan jaga malem, tapi pindah kamar doang". Biasanya kan baru tidur jam 11an, itu juga kalau lagi nggak ada pasien baru masuk ke bangsal. Waktu dulu di bagian bedah malah nggak ada jadwal tidur sama sekali sampai pagi karena jaganya di instalasi gawat darurat. Nah sekarang ini di bagian anak kan udah enak ya jam 11an boleh tidur kalau lagi sepi, tapi saya tidur jam 8 loh MySpace

dan nggak nyalain alarm, artinya memang nggak niat bangun lagi buat jaga.

Tapi,
namanya orang curang itu mah ada aja ya halangannya...

jam setengah 11 pintu kamar koas digedor-gedor (digedor loooh, bukan diketok), trus terdengar suara teriakan seseorang "KAAAAK ADA PASIEN BARUUU, KEJANG DEMAAAMMM!!!"

MySpace

saya pun terbangun seketika dan menjawab dengan teriak juga "IYAAA..." (dalem hati : iye iye kaga usah heboh begono napa yak)

MySpace

setelah bangunin teman jaga saya yang susah banget dibangunin, akhirnya saya keluar kamar dengan mata sembab dan terhuyung-huyung menghampiri pasien itu yang ternyata seorang bayi kecil (yaiyalah kecil). Oh untung cuma pasien kejang demam sederhana (untung buat saya loh, bukan untung buat ibu pasien-nya, panik lah kalo dia sih ngeliat anaknya kejang), jadi bisa selesai anamnesis dengan cepat dan tepat MySpace

Nah saya juga tak lupa memberitahu ibu pasien itu untuk menjaga kebersihan di sekitar tempat tidur, yaitu singkirkan barang-barang yang mungkin bisa menjadi sumber infeksi seperti selimut yang dibawa dari rumah, kain-kain jarik, tas berisi macam-macam barang, dll. Pokoknya sekitar tempat tidur bayi itu harus BERSIH dari barang-barang kurang penting yang bisa ditempeli debu. Saya juga bingung kenapa tiba-tiba saya menyuruh ibu itu untuk bersih-bersih dan menyingkirkan barang-barang nya, sepertinya saya sudah mulai tertular oleh konsulen saya yang suka ngomel kalau sekitar tempat tidur pasien penuh dengan barang-barang yang mudah berdebu. "Percuma aja diobatin kalo tempatnya jorok kayak begini...", saya agak terngiang-ngiang kata-kata konsulen saya itu.

Setelah itu saya menulis hasil anamnesis dan pemeriksaan, untuk dilaporkan ke konsulen besok pagi...

Hm...
tapi akhirnya saya tidur lagi koq jam setengah 3an,
jam setengah 5 bangun, trus mandi, trus siap-siap ikut visite konsulen deh...


Jadi sebenarnya kalau dokter muda itu mestinya namanya bukan night shift atau jaga malam ya... Mestinya Jaga pagi, siang, malam, pagi lagi, siang lagi, baru deh pulang MySpace





5 comments:

Rhein Fathia said...

hihi,,,jadi inget Aa'ku dulu.. dy perawat dan kalau pulang jaga malem, pasti langsung masuk kamar terus ngorok sampe sore...

ifa said...

nah kalo jam perawat itu baru bener, namanya night shift... krn datengnya memang udah malam, dan besok paginya pulang...

Dien said...

weee rajin banget...
sampe ga terasa tertidur.
Hehehe...

ifa said...

hehehe iya rajin tidur itu juga perlu koq sebenarnya...

DESITA said...

gua kecewa! gua kira ini cerita setan. misalnya lo didatengin suster nges*t gitu wkt jaga malam. ah kecewa!